Sabtu, 08 Mei 2010

Tugas Proposal

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada saat ini, suatu perusahaan baik itu berskala besar maupun berskala kecil memerlukan dan memiliki suatu strategi untuk dapat bersaing dengan kompetitornya. Suatu perusahaan yang baik tentunya harus mempunyai manajemen yang baik pula. Pembahasan tentang manajemen tentu saja tidak lepas dari berbagai factor sumber daya manusia yang baik dan tentunya dapat menghasilkan suatu kinerja yang berkesinambungan dan dapat saling mendukung untuk menunjang kelangsungan hidup usaha perusahaan.

Diantara bagian-bagian perusahaan tersebut, salah satu yang paling penting bagi perusahaan adalah bagian pemasaran. Pemasaran yang menjadi inti dari sumber daya manusia menjadi focus perhatian banyak perusahaan dalam memasarkan produk-produknya.pentingnya tebaga pemasaran ini dalam suatu perusahaan sehinggan menyebabkan perusahaan itu benar-bernar selektif dalam memiliki tenaga pemasaran yang akan begabung dengannya, kemudian melakukan berbagai program pelatihan (training) untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan tenaga pemasaran tersebu, sehingga menjadi seseorang tenaga pemasaran yang terampil dan handal dalam memasarkan produk perusahaan, serta memberikan imbalan yang menarik agar tenaga perusahaan tersebut menjadi bersemangat dalam memasarkan produknya. Begitu pentingnya peranan tenaga pemasaran ini , sehingga banyak perusahaan yang menganggap tenaga-tenaga pemasaran ini sebagai kelangsungan hidup perusahaan.

Di dalam skripsi ini, penulis menggunakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan, yaitu PT. Asuransi Jiwasraya yang memberikan pelayanan keuangan kepada masyarakat umum yang berupa perlindungan kepada jiwa untuk keluarga sebagai inti dari semua produk. PT. Asuransi Jiwasraya merupakan salah satu gabungan dari sembilan perusahaan asuransi jiwa milik Belanda, diantaranya Nillmij van 1859.

Nasionalisasi perusahaan milik Belanda ini kemudian diintegrasikan dengan PT. Pertanggungan Jiwa Dharma Nasional yang menjadi PN. Asuransi Djiwasraya. Berdasarkan peraturan pemerintah No.33 mengalami pengalihan bentuk dari PN. Asuransi Djiwasraya menjadi PT. (Persero) Asuransi Jiwasraya sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Nega (BUMN) dalam bidang Asuransi Jiwa PT. (Persero) Asuransi Jiwasraya sahamnya dimiliki oleh Departemen Keuangan RI, maka tidak mengherankan bila PT. Asuransi Jiwasraya memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi, kekuatan financial, serta pengalaman yang bertahun-tahun dalam membantu dan memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi dalam produk-produk yang dihasilkan sebagai perusahaan asuransi yang terbesar dan cabang-cabangnya tersebar di kota-kota besar di Indonesia PT. Asuransi Jiwasraya tentu sangat menaruh pehatian besar terhadap peranan tebaga pemasarannya, dalam hal ini adalah agen asuransi dalam penjualan kepada para konsumen nasabah.

B. Pembatasan Masalah

Untuk mencapai suatu tujuan pembahasan yang terarah, maka dalam skripsi ini penulis hanya akan membahas pokok-pokok permasalahan yang terangkum dalam pertanyaan sebagai berikut :

1. Apakah agen asuransi dapat meningkatkan penjualan polis ?

2. Seberapa besar kontribusi agen asuransi dalam meningkatkan penjualan polis ?

C. Metode Penelitian

Dalam menyusun skripsi ini, penulis menggunakan metode-metode penelitian sebagai berikut :

1. Riset kepustakaan

Dengan melakukan penelitian ini penulis berusaha untuk mencari bahan-bahan materi yang ada hubungannya dengan topic skripsi yang dibahas dari buku-buku yang ada dalam kepustakaan untuk memperoleh dasar serta konsep secar teoritis.

2. Riset Lapangan

Dalam mengumpulkan data-data skripsi ini, penulis melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan yaitu kea gen asuransi untuk mendapatkan data riil yang berkaitan dengan fungsi agen asuransi dalam meningkatkan penjualan polis.

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan judul skripsi ini, maka tujuan yang ingin dicapai oleh penulis antara lain adalah ingin mengetahui dan memberi penjelasan sacara jelas tentang :

a. Untuk mengetahui apakah agen asuransi berfungsi dalam meningkatkan penjualan polis pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

b. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari agen asuransi sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan adanya kebijakan pemasaran.

c. Untuk menganalisa fungsi agen asuransi dalam meningkatkan usaha polis PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

d. Untuk mengetahui seberapa besar perkembangan usaha PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

e. Permasalahan-permaslahan yang timbul, baik secara interen maupun eksteren menunjukkan akah pihak manajemen PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat memecahkan masalah-masalah tersebut tepat pada sasarannya.

2. Manfaat Penelitian

Dengan penelitian ini, penulis berharap bias menjadi masukan yang sangat berharap bagi :

a. Penulis

Yaitu untuk menambah dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan penulis tentang manajemen pemasaran khususnyamengenai masalah-masalah perasuransian dan pengelolaan sumber daya manusia sebagai wujud nyata dari apa yang telah penulis dapatkan selama ini dari bangku kuliah.

b. PT. Asuransi Jiwasraya

Sebagai bahan referensi dan masukan untuk meningkatkan fungsi pemasaran, dalam hal ini agen asuransi di dalam perusahaannya agar tetap dalam komitmennya untuk memberikan yang tebaik bagi nasabah berupa pelayanan baik dalam penjualan maupun setelah penjualan, juga bagi agen asuransi berupa kompensasi yang sesuai atas prestasi yang dicapainya.

E. Sistematika Pembahasan

Untuk memudahkan dalam pembahasan-pembahasan yang terdapat dalam skripsi ini, maka penulis akan membagi skripsi ini menjadi lima bab, antara lain :

Bab I Pendahuluan

Dalam bab pendahuluan ini penulisa akan membahas tentang masalah-masalah yang menjadi pokok latar belakang penulisan skripsi antara lain pemilihan judul, pembatasan masalah, metode penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika pembahasan.

Bab II Landasan Teori

Pada bab ini pembahasan skripsi akan diarahkan mengenai manajemen pemasaran yang dipandang secara teoritis yaitu pengertian pemasaran dan manajemen pemasaran, bauran pemasaran, bauran promosi, dan fungsi tenaga pemasaran dalam memasarkan produk.

Bab III Tinjauan Umum PT. Asuransi Jiwasraya

Dalam bab ini penulis akan mengupas tentang sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan, kegiatan usaha perusahaan, produk yang dijual oleh perusahaan, kegiatan usaha perusahaan, produk yang dijual oleh perusahaan, serta visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Bab IV Analisis dan Pembahasan

Bab ini berisi tentang fungsi agen asuransi dalam meningkatkan penjualan polis, pelaksanaan agen asuransi, analisis fungsi agen asuransi dalam meningkatkan penjualan polis, perkembangan usahanya, serta masalah yang dihadapi dan cara pemecahannya.

Bab V Kesimpulan dan Saran

Penulis mencoba menyimpulkan dari hal yang menjadi pokok dari apa yang telah penulis uraikan dalam bab sebelumnya disertai saran-saran guna mencapai hasil penjualan dengan harapan lebih baik di masa yang akan dating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar